Jualan online? Bukan hal baru lagi tentunya. Apalagi kalau Anda sering buka Facebook, berbagai jenis iklan produk terpampang di wall Anda, baik yang asalnya dari teman Anda atau bahkan dari jaringan teman Anda yang tidak Anda kenal.
Pertanyaannya, kalau Anda adalah si penjual, apakah cara seperti itu sudah membuat produk Anda setidaknya dilirik oleh para calon konsumen? Kalau belum, berarti Anda masih harus mencoba trik lainnya. Hmmm, kira-kira apa ya yang bisa bikin lapak Anda laku dan dihinggapi para netter?
Tidak perlu pusing lagi, karena cara-cara di bawah ini mungkin bisa memberikan Anda pencerahan untuk membuat angka penjualan Anda naik di bulan berikutnya.
1. Jejaring Sosial
Beberapa waktu mendatang jejaring sosial seperti Facebook, masih akan tetap ngetren di tahun 2011, tidak menutupi kemungkinan akan lahir Facebook-Facebook lainnya yang siap menjadi wadah jualan Anda.

Facebook Chat membuat Anda terhubung langsung dan bisa berkomunikasi tanya jawab, bila ada calon konsumen yang masih ragu dan di situlah Anda mulai bisa menggaet konsumen Anda.
2. Forum

Rekber adalah bagian tersendiri dalam soal transaksi jual beli, dimana para penjual dan pembeli bisa saling mempercayai, hal ini mengurangi tindak kejahatan dimana ada pihak ketiga yang menampung barang yang dibeli serta sejumlah uang yang akan ditransfer. Cara ini memang cukup bagus, mengingat transaksi jual beli online memang sangat rentan dengan penipuan.
3. Mobile Site

4. Location Based Service (LBS)

Kalau di luar negeri fitur ini bahkan banyak dimanfaatkan kafe-kafe ternama untuk memberikan diskon bagi para pengunjung yang sering datang ke kafe tersebut. Nah, lalu apa untungnya LBS ini digunakan di toko online? Sama seperti yang dilakukan oleh FourSquare. Anda bisa menawarkan promo – promo di toko Anda ketika si calon pelanggan berada dekat dengan toko Anda, dan Anda bisa menariknya agar mampir ke toko Anda melalui promo penawaran khusus. Banyak calon konsumen yang gampangdirayu dengan diskon, apalagi lokasinya berdekatan dengan keberadaannya saat itu.
5. User Friendly

6. Visualisasi yang Menarik

Tampilkan juga Fitur Pembanding Produk, dimana ada 2 produk sejenis dengan beda merk ataupun harga bisa dibandingkan, sehingga calon pembeli akan bisa memilih mana yang lebih cocok dengan kebutuhannya. Akan lebih bagus lagi kalau ditampilkan pula, Rekomendasi Produk yang mana produk-produk pilihan ini ditampilkan berdasarkan personalisasi pengguna, mana yang lebih sering ia lihat atau yang sudah ia belanjakan. Dengan fitur ini, calon konsumen akan semakin dimanjakan sehingga ia akan lebih mudah membeli produk mana yang ia butuhkan tanpa harus mencarinya terlebih dahulu.
7. Resolusi

Tak jarang pula kebanyakan website toko online, hanya memasang sedikit produk di bagian kategori. Hal ini rasanya amat mubazir. Karena banyak dari netter malas membuka halaman satu per satu. Para netter lebih tertarik untuk menggeser scroll ke bawah ketimbang harus membuka halaman satu demi satu untuk memilih produk yang dibutuhkannya.
8. Maksimalkan AJAX, Minimalkan Flash

Tentu saja animasi yang ditampilkan tidak kalah cantiknya. Dari sekedar menampilkan menu dinamis, konten dinamis sampai menampilkan galeri. Bahkan membuat website lebih ringan diakses. Semakin cepat website dibuka, calon konsumen pun akan semakin sering mengunjungi toko online Anda. Animasi AJAX di sini akan bisa mempercantik website toko online Anda tanpa memberatkan waktu loading page website toko online Anda.
9. Tipografi

Masih banyak sekali website toko online yang menggunakan huruf-huruf yang aman di browser. Tentunya hal ini membuat para designer terbatas menggunakan huruf. Tak jarang pula, akhirnya huruf ini terpaksa ditempelkan pada gambar agar di browser tetap tampil sesuai yang diinginkan. Hmm, tentu ini bukan solusi yang baik. Untungnya HTML5 sudah mulai unjuk gigi dan memberikan solusi ciamik sehingga menggunakan teknologi seperti TypeKit dapat membantu Anda memberikan kesan yang cocok dari toko online Anda.
10. Percantik Katalog

Toko online yang modern saat ini rata-rata menggunakan setidaknya 75% halaman untuk menampilkan katalog produknya, selebihnya akan digunakan sebagai navigasi halaman ataupun ruang kosong.
11. Video
Seperti halnya iklan di layar kaca, maka kini Anda pun bisa menampilkan produk Anda dalam bentuk video. Berkreativitas menampilkan produk melalui video dan mengupload-nya ke Youtube akan menjadi nilai plus untuk toko online Anda. Tak perlu membuat video yang lama, paling tidak membuat video berdurasi 30 detik sampai 1 menit saja akan membuat katalog produk Anda semakin menggoda.
12. Search Engine Optimization (SEO)

13. Harga

Nah, tunggu apalagi, kalau toko online sudah ada, trik sudah ada, tinggal dipraktekkan, bukan? Siap-siap saja angka penjualan Anda segera beranjak naik di bulan berikutnya.
0 comments:
Post a Comment